Ad Code

Responsive Advertisement

Sering Dijiplak, Ini 8 Alasan Apple Tidak Menggugat Xiaomi!

Terkenal sebagai perusahaan raksasa yang rutin menghadirkan produk inovatif berkualitas, wajar jika Apple banyak dipuja dan ditiru. Bahkan Xiaomi secara terang-terangan meniru Appledalam menghadirkan beberapa produk barunya.

Seringnya Xiaomi menghadirkan produk yang meniru Apple, membuat produsen teknologi asal China ini disebut sebagai “Apple dari China”. Tapi, kenapa Apple tidak pernah menuntut Xiaomi?

Alasan Apple Tidak Bisa Menuntut Xiaomi

Selama ini Apple sering berseteru dengan Samsung perihal perebutan hak paten. Tapi, kenapa Apple tidak pernah menggugat Xiaomi yang jelas-jelas produknya banyak ‘meniru’ iPhone? Ternyata ini alasannya.

1. Apple adalah Entitas Asing di China

alasan-apple-tidak-menggugat-xiaomi-4

Sebagai entitas asing, Apple yang berasal dari Amerika cukup pintar untuk tidak membuang-buang waktu menggugat Xiaomi di China. Hal ini dinilai buang-buang waktu. Dan lagi, hasilnya selalu mengalahkan perusahaan asing.

2. Pemerintah China Melindungi Perusahaan Lokal

Seperti kita ketahui, Pemerintah China sangat mendukung dan melindungi perusahaan lokal. Karena itu, perusaahaan asing seperti Apple harus tunduk pada aturan yang ada di sana.

alasan-apple-tidak-menggugat-xiaomi-5

Bahkan, membuka IP dan izin soal hak paten produk merupakan salah satu syarat mutlak untuk bisa membuka usaha di China. Hal ini lantas menjadi kesempatan untuk Xiaomi ‘meniru’ produk-produk Apple.

3. Xiaomi Bukan Perusahaan China Biasa

Sebagai pengingat, Xiaomi bukan sekadar perusahaan China biasa. Di China, Xiaomi sangat dicintai oleh jutaan penduduk di sana. Ditambah, Xiaomi juga sangat dicintai di beberapa pasar global.

alasan-apple-tidak-menggugat-xiaomi (1)

Dengan jutaan penduduk di China yang mencintai Xiaomi, sangat ceroboh jika Apple berniat membuat mereka marah dengan menabuh genderang perang pada Xiaomi. Terlebih, China adalah target pasar terbesar kedua bagi Apple.

4. Tidak Mudah Menggugat Perusahaan China

alasan-apple-tidak-menggugat-xiaomi (3)

Selain perlindungan di dalam negerinya, Pemerintah China juga melindungi usaha perusahaan China di negara lain. Jadi, Xiaomi akan dilindungi walaupun berada di pasar Amerika. Jika Apple menuntut Xiaomi di Amerika, maka Apple akan menghadapi masalah di pasar China.

5. Xiaomi Bukan Ancaman Bagi Apple

Berbeda dengan Xiaomi yang berorientasi pada market share, Apple adalah perusahaan yang berorientasi pada keuntungan. Karena itu Xiaomi membuat produk murah dengan target penjualan banyak, sementara Apple membuat produk mahal untuk mendapatkan keuntungan banyak.

alasan-apple-tidak-menggugat-xiaomi-6

Skala keuntungan Xiaomi yang tidak seberapa rasanya tidak perlu dikhawatirkan oleh Apple. Jadi, apa alasan Apple untuk menggugat Xiaomi?

6. Tim Cook Bersahabat dengan China

alasan-apple-tidak-menggugat-xiaomi (2)

Tim Cook bukanlah Steve Jobs yang sangat ketat dalam melindungi kekayaan intelektual perusahaannya. Tim Cook lebih berhati-hati mengambil langkah dalam urusan bisnis. Dia tidak ingin mengacaukan pendapatan Apple dengan membuat rusuh di China. Bahkan Tim Cook terbilang sering mengunjungi China.

7. Smartphone China Belum Bisa Mengalahkan Apple

alasan-apple-tidak-menggugat-xiaomi-7

Jika melihat track record di pasar smartphone, tidak ada smartphone China yang bisa menggulirkan posisi Apple. Bahkan jika memang Apple berniat menggugat perusahaan China, mungkin target utamanya adalah ZTE dan Huawei yang lebih dulu memasuki pasar Amerika daripada Xiaomi.

8. Xiaomi Bukan Tandingan Apple

Apa alasan Apple harus menuntut Xiaomi? Karena Xiaomi jadi rajanya smartphone Android? Bahkan saat ini penguasa pasar smartphone Android masih Samsung.

alasan-apple-tidak-menggugat-xiaomi-8

Jadi, jika memang Xiaomi ingin berseteru langsung dengan Apple, Xiaomi harus mengalahkan Samsung dulu. Bahkan meski demikian, Samsung yang jauh meninggalkan produsen lain pun masih kalah tertinggal oleh Apple.

Nah, itu dia 8 alasan kenapa Apple tidak menggugat Xiaomi dengan segala produk mereka yang terinspirasi Apple. Jadi, jangan heran jika selama ini tidak ada kasus gugatan dari Apple kepada Xiaomi, atau sebaliknya.



from Halo Dunia http://ift.tt/2j8RMEP
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu