Ad Code

Responsive Advertisement

​Ini Tren Kejahatan Siber 2017, Menurut Kaspersky Lab

Tahun ini Kaspersky Lab memprediksi bahwa kejahatan siber terus berkembang dari tahun lalu. Jika tahun 2016 tren kejahatan siber adalah Ransomware, di tahun 2017 diprediksi akan terjadi tren kejahatan seperti kemunculan memory resident malware, yaitu sebuah malware yang memang tidak ditujukan untuk tinggal setelah pengguna melakukan reboot untuk pertama kalinya, dimana hal itu akan menyebabkan infeksi terhapus dari memori mesin.

Hal itu diungkapkan Dony Koesmandarin Territory Channel Manager Kaspersky, dijelaskan Dony Malware tersebut dimaksudkan untuk pengintaian umum dan pengumpulan data. Artinya, jika hacker sudah merasa cukup dalam mengumpulkan data, dan ingin mengambil keuntungan dari data yang dicuri, mereka akan segera menidaklanjuti. Namun jika mereka merasa tidak akan melakukan apapun dari data yang sudah dimonitor, mereka akan membiarkan tanpa melakukan apapun.

“Ini merupakan sebuah perkembangan kejahatan siber yang akan diprediksi tren di 2017, dan pengguna tidak boleh dibiarkan tidak berdaya, mereka harus membekali diri dengan keamanan yang dobel,” ujar Dony di Jakarta (24/01/17).

Selain memory resident malware, Dony menuturkan, bahwa Kaspersky Lab memprediksi aksi kejahatan siber lebih fokus menyerang pada ponsel, dimana kejahatan siber mengambil keuntungan bahwa industri keamanan harus berjuang untuk mendapatkan akses penuh ke sistem operasi dari perangkat mobile untuk sekedar melakukan analisis forensik.

“Peretasan sistem pembayaran pun diprediksi akan terus meningkat, dimana sistem pembayaran secara mobile atau online semakin populer dan umum, Kaspersky Lab memprediksi akan melihat banyak aksi kejahatan siber seperti ini dilakukan,” kata Dony lagi.

Dony juga menambahkan dengan produsen perangkat iot yang terus menerus menghasilkan perangkat tanpa adanya jaminan keamanan menimbulkan masalah yang cukup besar. Dikatakan Dony, para hacker akan melakukan main hakim sendiri (vigilante Hacker), mereka menyelesaikan permasalahan menurut cara mereka sendiri dan menonaktifkan perangkat sebanyak mungkin.

The post ​Ini Tren Kejahatan Siber 2017, Menurut Kaspersky Lab appeared first on Halo Dunia.



from Halo Dunia http://ift.tt/2j0dM88
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu