Ad Code

Responsive Advertisement

Kecanduan Gadget, Bocah 13 Tahun Masuk Panti Rehabilitasi

Di jaman serba canggih seperti saat ini, gadget seolah sudah seperti sahabat bagi anak-anak. Meski demikian, jangan sampai gadget menjadi candu bagi anak, bila tidak mau masuk rehab seperti bocah yang satu ini.

Seorang anak berusia 13 tahun di Amerika Serikat terpaksa harus digelandang orangtuanya masuk panti rehabilitasi ketergantungan gadget. Sang anak yang tidak diketahui namanya ini masuk rehabilitasi karena tak bisa lepas dari yang namanya gadget.

Oleh kedua orangtuanya, sang anak dibawa ke tempat rehab di kawasan Seattle, Amerika Serikat yang menamakan dirinya Restart Life Centre. Panti rehab tersebut akan menyodorkan program pemulihan intensif bagi anak-anak dan remaja yang kesulitan untuk mengontrol diri mereka akan perangkat elektronik.

Seperti dikutip  dari Independent, Sabtu (15/4/2017), menurut laporan Restart Life Centre sang anak dititipkan oleh orangtuanya untuk menjalani ‘pengobatan’ selama lebih dari delapan tahun. Pendiri dari Restart Life Center, Hilarie Cash mengatakan bahwa smartphone, tablet, dan perangkat mobile lainnya bisa menstimulus dan menghibur.

Foto: thinkstock

Hanya saja hal itu juga mampu menghilangkan insting natural dari anak yang pada hakikatnya bergerak, bereksplorasi, dan berinteraksi sosial. Sangat penting bagi keluarga untuk membahas teknologi, seperti seberapa bagusnya, bagaimana dampaknya, dan kapan itu bisa mengganggu hubungan di dalam keluarga, termasuk tanggung jawab.

Dalam sebuah survei yang dilakukan di 1.500 orangtua rata-rata di Inggris, ditemukan fakta bahwa anak usia tujuh tahun sudah mendapat izin untuk menggunakan mobile phone. Diikuti usia 10 tahun yang sudah mendapat lampu hijau menggunakan smartphone dan tablet.

Bahkan lembaga Ofcom tahun lalu pernah merilis laporan, jika 64% dari anak-anak usia 12 tahun sampai 15 tahun, serta 65% dari orangtua anak-anak di rentang usia sama mengatakan bahwa anak-anak sekarang sudah berada di bawah kendali screen time atau dalam kasarnya terpaku pada layar.

Richard Graham, seorang konsultan psikiater di sebuah rumah sakit mental di Inggris memberi nasihat kepada orangtua. Menurutnya orangtua seharusnya tahu ada risiko yang diterima dari kecanduan smartphone pada anaknya.

“Apakah perangkat mereka mengganggu aktivitasnya? Apakah membuatnya bolos sekolah? Ketika seseorang tidak bisa berhenti, mereka kehilangan kendali,” pungkasnya.

The post Kecanduan Gadget, Bocah 13 Tahun Masuk Panti Rehabilitasi appeared first on Halo Dunia.



from Halo Dunia http://ift.tt/2pmjYGZ
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu